Senin, 30 Juni 2014

Agar Garis Tampil Menarik (Membuat Pola Sack Dress)



Banyak trik membuat garis menjadi semakin menarik, karena garis-garis sebenarnya adalah motif paling tidak diskriminatif pada tubuh manapun. Si gemuk bisa disulapnya nampak langsing, si kurus bisa dibuatnya berisi dan si tubuh ideal makin menawan. Intinya, pandai-pandailah kita memainkannya.

Gambar model di bawah ini contohnya, meski sangat sederhana tapi cukup aksi kan? Mari ikuti langkah-langkah pembuatannya:


Buat pola dasar sesuai ukuran badan masing-masing seperti yang pernah saya posting disini : http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2011/10/07/cara-mudah-membuat-pola-gaun-401533.html atau di sini http://ichadiyah.blogspot.com/2011/04/cara-mudah-membuat-pola-gaun.html Buat pola blousenya saja sampai pinggang atau sampai titik B’ untuk pola bagian depan (pensil warna merah) dan titik D untuk belakang (pensil warna hitam). Lalu perpanjang ke bawah sampai 10 cm dari tik B’- B” untuk depan dan D – D’ untuk belakang. Ikuti garis pinggang ke panggul sesuai ukuran yang ada. Jika diketahui B’ – L dan D – D” adalah tinggi panggul, maka tariklah garis sisi pinggang ke sisi panggul. Jangan lupa berikan tambahan 2 cm pada bagian Tengah Muka Blouse untuk tempat kancing.

Pola sack dress bagian atas
Untuk kraagnya bisa dibuat seperti ini;




Sedang bagian rok buatlah polar ok setengah tingkaran seperti ini


Ukuran pinggang dan panjang rok sesuaikan dengan ukuranmu

Keterangan Polar ok sebagai berikut:
Perhatikan jari-jari lingkaran pada pola
A – B = 1/3 lingkar pinggang minus 1 cm
B – D = Panjang rok
G – H =  E – F = B – D
Hubungkan titik B – G – E dan D- H – F
Sekarang tinggal membuat pola kraggnya, sedang untuk lengan bisa dibuat sama dengan pola yang ada di postingan sebelumnya. Tapi tidak perlu dipotong untuk dikembangkan ya, biarkan saja lurus serta bagian pergelangan tinggal dibuatkan ban couple saja selebar 3 cm.
Cantik bukan, tunggu apalagi? Ayo, segera praktikkan biar bisa menambah cantik penampilanmu  untuk bersilaturrahim di hari raya nanti.

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Punya karya desain yang keren2 tapi bingung dimana kamu bisa share di komunitas yang tepat? Bagikan saja desain kamu di fitinline.com/. Gratis!

    BalasHapus